Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN DALAM PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU

Nur’aini Safitri (2012) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN DALAM PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012433.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Desaign (eksperimen murni) dengan jenis Randomized Pretest-Posttes Control Group Desaign. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik permainan dalam pelaksanaan layanan penguasaan konten terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan rencana penelitian pretest dan postest, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas VIII 7 (kelas eksperimen) dan VIII 9 (kelas kontrol). Untuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberi treatment, dilihat dari data selisih nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data pretest (data awal) digunakan untuk melakukan uji homogenitas dan data posttest (data akhir) digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh treatment yang diberikan. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan tes “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai t hitung = 17,333 dan t tabel = 1,658, dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel . Hal ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik permainan memberi pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan pengaruh sebesar 81,5%. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik permainan dalam pelaksanaan layanan penguasaan konten dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:39
Last Modified: 28 Dec 2016 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10264

Actions (login required)

View Item View Item