Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS MENGIKUTI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN KONSEP DIRI SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN (ADP) SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

Meri Andayani (2012) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS MENGIKUTI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN KONSEP DIRI SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN (ADP) SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012432.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berlokasi di Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 90 Kec. Sukajadi Pekanbaru. SMK Muhammadiyah dikepalai oleh Taharuddin S. Pd dan mempunyai 71 orang guru dan pegawai. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran (ADP) dan obyek penelitian ini adalah hubungan antara aktivitas mengikuti layanan konseling kelompok dengan konsep diri siswa kelas XI Administrasi Perkantoran (ADP) di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 118 orang siswa dan sampel penelitian diambil 25% dari 118 orang siswa yakni berjumlah 29 orang siswa dengan menggunakan teknik Random Sampling dimana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas mengikuti layanan konseling kelompok di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru (2) Untuk mengetahui konsep diri siswa di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru (3) Untuk mengetahui hubungan aktivitas mengikuti layanan konseling kelompok dan konsep diri siswa di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik penyebaran angket dan dokumentasi. Data angket dianalisa dengan rumus Korelasi Produc Moment, sedangkan data dokumentasi dideskripsikan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Anget dengan skala konsep diri model Likert. Untuk mengukur validitas digunakan analisis faktor yakni mengkorelasi skor item instrumen dan skor total dengan bantuan program SPSS16.0 for windows rumus yang digunakan adalah Produc Moment dari Pearson. Untuk mengukur reliabilitas menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows rumus yang digunakan adalah Cronbach Alpha. Adapun dari hasil uji validitas N=35, r tabel 0,325 instrumen yang digunakan valid apabila r hitung lebih besar dari “r” tabel. Sedangkan hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa r hitung = 0,327 lebih besar dari r tabel = 0,325 maka instrumen yang digunakan reliabel. Hasil yang diperoleh untuk mencari hubungan antara aktivitas mengikuti layanan konseling kelompok dengan konsep diri menggunakan rumus Korelasi Produc Moment, r hitung = 0.671, lebih besar dari r tabel = 0.325. Hal ini menunjukan ada hubungan yang signifikan antara aktivitas mengikuti layanan konseling kelompok dan konsep diri siswa kelas XI Administrasi Perkantoran (ADP) di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru sebagai berikut: a. Aktivitas siswa dalam mengikuti layanan konseling kelompok berada dalam kategori cukup aktif yakni sebesar (72,41%), b. Konsep diri siswa berada dalam kategori sedang yakni sebesar (75,86%), c. Terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas mengikuti layanan konseling kelompok dengan konsep diri siswa kelas XI Administrasi Perkantoran (ADP) SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:38
Last Modified: 28 Dec 2016 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item View Item