PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Suci Lia sari, (2012) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012422.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana tingkat keaktifan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Pekanbaru dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok, (2) bagaimana tingkat kepercayaan diri siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 pekanbaru, dan (3) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengkuti layanan bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini penelitian korelasi. Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Pekanbaru. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang pernah mengikuti layanan bimbingan kelompok yang berjumlah 40 orang. Mengingat populasi tidak begitu besar maka penulis menggunakan Total Sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik angket yang disusun mengikuti skala Likert. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara korelasi dengan rumus Product Moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok siswa kelas XI IPA SMA N 12 Pekanbaru berada dalam kategori sedang yakni sebesar76.316%. (2) kepercayaaan diri siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Pekanbaru berada dalam kategori sedang yakni sebesar 67.5%. (3) Berdasarkan uji korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.703. Hasil koefisien korelasi ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Pekanbaru. Pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Pekanbaru diperolah dari koefisien determinasi adalah sebesar 49 %. Dengan kata lain semakin aktif siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok semakin tinggi kepercayaan diri siswa. Kepada guru pembimbing diharapkan kiranya terus meningkatkan intensitas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:25
Last Modified: 28 Dec 2016 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10261

Actions (login required)

View Item View Item