Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI TENTANG INTERAKSI SOSIAL DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

Pinkan Lilis Setiawati (2012) PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI TENTANG INTERAKSI SOSIAL DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012377.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berlokasi dijalan K.H. Ahmad dahlan No. 90. SMK muhammadiyah 2 Pekanbaru adalah intitusi pendidikan formal yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengembangkan kepribadian siswa menjadi maju dan mandiri.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pembimbing dan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.Subjek utama penelitian ini adalah guru pembimbing yang berjumlah 2 orang dan subjek pendukung adalah siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjumlah 58 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan layanan informasi tentang interaksi sosial dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan informasi tentang interaksi sosial di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi akan dipaparkan dengan cara naratif. Sedangkan data yang diperoleh melalui angket, akan dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan informasi tentang interaksi sosial di kelas X SMK Muhammadiyah 2 pekanbaru sudah terlaksana, hal ini dilihat melalui kegiatan perencanaan yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam bentuk satlan, kemudian guru pembimbing sudah melaksanakan layanan informasi tentang interaksi sosial dengan menerapkan High-Touch dalam kegiatan itu, selanjutnya guru pembimbing sudah melakukan evaluasi dalam kegiatan layanan informasi tentang interaksi sosial, untuk tindak lanjut dan pelaporan kadang-kadang guru pembimbing melaksanakan dan kadang kadang tidak. Selanjutnya data hasil angket menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan informasi tentang interaksi sosial berada pada kategori “cukup baik” yang diketahui dari hasil yaitu sebesar 67,37%. Pelaksanaan layanan informasi tentang interaksi sosial yang masih berada pada kategori cukup baik, belum mencapai kategori baik, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: a. Latar belakang pendidikan guru pembimbing. b. Sarana dan prasarana kurang di manfaatkan dengan baik. c. Kurang keseriusan siswa/i dalam mengikuti layanan informasi. d. Keterbatasan guru pembimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:23
Last Modified: 28 Dec 2016 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item View Item