Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI TUGAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

Raja Mohd. Agus Sutrisno (2012) IMPLEMENTASI TUGAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012376.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas yang baik di SMP Negeri 2 Kampar Kiri Kabupaten Kampar sangat perlu dilakukan, terutama dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif bagi siswa, karena kondisi kelas yang baik memegang peranan yang sangat penting dalam pencapaian tujuan, apabila kondisi seperti ini tidak ada dalam suatu sekolah maka sekolah tidak akan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Kondisi yang baik perlu dibentuk, dengan harapan jika dilakukan pengelolaan kelas, maka siswa akan dapat melakukan suatu aktifitas dengan perasaan tenang dan nyaman di SMP Negeri 2 Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi tugas guru dalam meningkatkan kualitas pengelolaan kelas di SMP Negeri 2 Kampar kiri Kabupaten Kampar serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu guru di SMP Negeri Kampar Kiri Kabupaten Kampar yang berjumlah 15 orang, sedangkan yang menjadi objeknya adalah implementasi tugas guru dalam meningkatkan kualitas pengelolaan kelas di SMP Negeri 2 Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMP Negeri 2 Kampar Kiri Kabupaten Kampar yang berjumlah 15 orang, dalam penelitian ini penulis tidak mengambil sampel dari populasi guru yang ada. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi sebagai data utama dan wawancara penulis jadikan sebagai data pendukung. Sedangkan, tekhnik analisis data yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif persentase. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dan setelah di analisa, penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa implementasi tugas guru dalam meningkatkan kualitas pengelolaan kelas termasuk kategori “Cukup” yakni dengan persentase 67,71% yang berada diantara 56%-75%, dan faktor yang mempengaruhi implementasi tugas guru dalam meningkatkan kualitas pengelolaan kelas di SMP Negeri 2 Kampar Kiri Kabupaten Kampar yaitu: (a) Tipe kepemimpinan guru disekolah sangat dominan dan cukup mendukung. (b) Pengetahuan dan pemahaman tentang pengelolaan kelas yang baik oleh guru. (c) Adanya kerja sama antara guru dan orang tua murid. (d)Fasilitas yang disediakan oleh sekolah cukup memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:21
Last Modified: 28 Dec 2016 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10258

Actions (login required)

View Item View Item