PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MELAKSANAKAN BIDANG BIMBINGAN PRIBADI DI MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI

Ratna, (2012) PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MELAKSANAKAN BIDANG BIMBINGAN PRIBADI DI MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012374.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru, yang berlokasi di Jl. Ahmad Dahlan No. 100 B. Adalah intitusi pendidikan formal yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengembangkan kepribadian siswa menjadi maju dan mandiri. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang peran guru pembimbing dalam melaksanakan bidang pribadi siswa di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru (2) Untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi persepsi siswa tentang peran guru pembimbing dalam melaksanakan bidang bimbingan pribadi.Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang menjadi lokasi penelitian yang berjumlah 51 orang. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik angket, wawancara dan observasi dokumentasi. Data wawancara dan observasi dokumentasi dianalisa dengan kualitatif dan data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa persepsi siswa tentang peran guru pembimbing dalam melaksanakan bidang bimbingan pribadi tergolong pada kategori sangat baik (sangat positif) yaitu berkisar antara 76 % - 100 %. Jadi dapat di simpulkan persepsi siswa tentang peran guru pembimbing dalam melaksanakan bidang bimbingan pribadi tergolong persepsinya “sangat baik (sangat positif)”. Temuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa tentang peran guru pembimbing dalam melaksanakan bidang bimbingan adalah sebagai berikut : (1) pengetahuan dan pemahaman siswa tentang bidang bimbingan pribadi, (2) sarana dan prasarana/fasilitas yang disediakan khusus untuk kesuksesan pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling yang tersedia akan mempengaruhi persepsi siswa tentang peran guru pembimbing dalam melaksanakan bidang bimbingan pribadi, (3) hubungan/kerjasama yang baik antara siswa dan guru pembimbing melahirkan suatu persepsi dan reaksi yang baik pula sehingga timbul tindakan sesuai dengan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:16
Last Modified: 28 Dec 2016 02:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10256

Actions (login required)

View Item View Item