PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU

Kamalia, (2012) PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012373.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri merupakan suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membantu usaha pemerintah dibidang sosial, pendidikan pengajaran dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa terutama dikalangan wanita muslimah, agar memiliki budi pekerti yang sesuai dengan konsep alqur’an. Keberhasilan pelaksanaan pencapaian tujuan pendidikan dimadrasah ini tidak hanya ditentukan oleh kepala sekolah saja, melainkan juga melibatkan peran guru dan pihak-pihak yang ada dimadrasah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk peran guru pembimbing dalam mengembangkan kemandirian siswa di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru (2) untuk mengetahui implementasi peran guru pembimbing dalam mengembangkan kemandirian siswa di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru (3) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru pembimbing dalam mengembangkan kemandirian siswa di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah guru pembimbing dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru dan obyeknya adalah peran guru pembimbing dalam mengembangkan kemandirian siswa di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik penyebaran angket dan wawancara. Data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan dengan kualitatif, sedangkan data wawancara dianalisa dengan deskriptif kualitatif. Bentuk peran yang dilaksanakan oleh guru pembimbing dalam mengembangkan kemandirian siswa adalah berperan sebagai pelaksanaan layanan BK, sebagai motivator dan sebagai evaluasi. Peran guru pembimbing dalam mengembangkan kemandirian siswa menunjukkan bahwa peran guru pembimbing telah berperan aktif dengan persentase 84%. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru pembimbing dalam mengembangkan kemandirian siswa adalah tentang latar belakang pendidikan, hubungan dan sarana dan prasarana yang mendukung untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:14
Last Modified: 28 Dec 2016 02:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10255

Actions (login required)

View Item View Item