HUBUNGAN LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN SOSIAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

Yuli Yusro, (2012) HUBUNGAN LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN SOSIAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012371.pdf

Download (815kB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 23 Pekanbaru merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menjadikan program bimbingan konseling sebagai bagian integral dari proses pendidikan. SMP Negeri 23 Pekanbaru ini telah melaksanakan beberapa layanan bimbingan konseling kepada siswa. Salah satunya adalah layanan informasi bidang bimbingan sosial. Diharapkan siswa dapat memanfaatkan layanan ini dengan baik sehingga siswa tersebut dapat melakukan interaksi sosial secara baik dengan lingkungannya. Berdasarkan studi pendahuluan ditemui adanya siswa yang tidak mampu melakukan interaksi sosial secara baik. Mengingat interaksi sosial siswa tersebut dipengaruhi oleh layanan informasi bidang bimbingan sosial, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara layanan informasi bidang bimbingan sosial dengan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII, sedangkan objek penelitian ini adalah hubungan layanan informasi bidang bimbingan sosial dengan interaksi sosial siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 359 orang. Mengingat populasi yang cukup besar maka penulis mengambil sampel sebanyak 25%, sehingga didapatkan sampel sebanyak 90 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Untuk mengumpulkan data tentang hubungan layanan informasi bidang bimbingan sosial dan interaksi sosial siswa digunakan teknik angket yang disusun mengikuti skala likert. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan uji korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,347. Hasil koefisien korelasi ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara layanan informasi bidang bimbingan sosial dengan interaksi sosial siswa kel as VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Artinya semakin baik layanan informasi bidang bimbingan sosial yang diperoleh oleh siswa semakin baik pula interaksi sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:10
Last Modified: 28 Dec 2016 02:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item