Arwita (2012) PEMANFAATAN DATA OLEH GURU PEMBIMBING DALAM LAYANAN INFORMASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012218.pdf Download (312kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) jenis data dan pengelompokan data siswa dalam layanan informasi. (2) bagaimana guru pembimbing memanfaatkan data dalam layanan informasi. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan data siswa dalam layanan informasi di SMPN 20 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif .Subyek penelitian adalah guru pembimbing yang ada di SMPN 20 Pekanbaru yang berjumlah 5 orang. Obyek penelitian adalah pemanfaatan data siswa oleh guru pembimbing dalam layanan informasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah. (1) Data yang dikumpulkan oleh kelima guru pembimbing yaitu, data tentang identitas pribadi, latar belakang keluarga, kondisi pribadi, cita-cita pendidikan dan data kelompok atau sosiometri. Adapun data yang tidak dikumpulkan oleh kelima guru pembimbing diantaranya: data tentang tes bakat atau minat, tes mental (IQ) dan kegiatan ekstrakurikuler (2) Pemanfaatan atau kegunaan data siswa masih ada guru pembimbing belum menggunakan data siswa dalam layanan informasi hal ini dapat dilihat masih adanya guru pembimbing dalam menetapkan isi layanan berdasarkan materi yang ada pada buku paket yang telah tersediah, tidak sesuai dengan kebutuhan siswa yang terungkap dalam aplikasi instrumentasi data.(3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan data siswa, tenaga, prasarana, waktu, dana, kurang kerjasama, dan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 28 Dec 2016 02:05 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 02:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10249 |
Actions (login required)
View Item |