UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU

Nurhidayati, (2012) UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012154.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) upaya guru pembimbing dalam meningkatkan Self Esteem siswa, (2) Self Esteem siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru, (3) faktor-faktor penghambat dan pendukung upaya guru pembimbing dalam meningkatkan Self Esteem siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru pembimbing dan siswa kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah upaya guru pembimbing dalam meningkatkan Self Esteem siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan angket. Data wawancara dianalisa dengan cara kualitatif dan data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru pembimbing dalam meningkatkan Self Esteem siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru adalah (1) melaksanakan layanan bimbingan dan konseling terhadap seluruh siswa, (2) menerapkan teknik-teknik konseling yang relevan terhadap permasalahan yang dihadapi siswa, (3) serta memberikan semangat, motivasi dan reward terhadap siswa. Berdasarkan dari hasil angket yang disebarkan kepada 90 orang siswa bahwa Self Esteem siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru tegolong pada kategori “Sedang” pada rentang 57 – 85 % tepatnya pada (74,4 %). Temuan penelitian mengenai faktor-faktor penghambat upaya guru pembimbing dalam meningkatkan Self Esteem siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru adalah waktu, saranan dan prasarana seperti ruangan BK yang menyatu dengan ruang UKS, dana pelakanaan pelayanan bimbingan dan konseling tidak ada, seperti pada saat guru ingin mengadakan himpun data terhadap siswa yang mengalami permasalahan, diamana dalam pemecahan permasalahan siswa tersebut dibutuhkan dana untuk menunjang terlaksananya himpun data yang dilaksanakan guru tersebut Adapun faktor pendukungnya adalah adanya kemauan dari siswa itu sendiri untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Oleh karena itu perlu adanya perhatian yang intensif dari pihak sekolah terhadap pelayanan bimbingan dan konseling. Selain itu, diharapkan kepada guru pembimbing agar dapat meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap siswa, terutama bagi siswa yang mengalami masalah Self Esteem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:59
Last Modified: 28 Dec 2016 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item View Item