IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI PONDOK PESANTREN BAHRUL ‘ULUM KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR

Moh. Rio Khoerulsani, (2012) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI PONDOK PESANTREN BAHRUL ‘ULUM KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012141.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif,. Tujuan penelitian ini Penelitian adalah: untuk mengetahui Implementasi Manajemen Perpustakaan di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Kecamatan Perhentian Raja Kebupaten Kampar dan Faktor faktor yang mempengaruhi Implementasi Manajemen Perpustakaan di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah Kepala Perpustakaan Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum, sedangkan objek penelitian ini adalah “Implementasi Manajemen Perpustakaan di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar”. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu: Wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis deskriftif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dan setelah di analisis, bahwa data implementasi manajemen perpustakaan dikecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar dikatakan cukup optimal, yang mana dalam mengelola perpustakaan kepala perpustakaan telah telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, mengkoordinir dan membuat anggaran untuk menambah koleksi perpustakaan. Faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen perpustakaan adalah: (1) Rendahnya dukungan terhadap prosedur atau kebijakan yang dibuat kepala perpustakaan oleh kebijakan pihak sekolah, dinas pendidikan atau departemen pendidikan. Misalnya pengelola, dukungan untuk para pegawai untuk lebih mengetahui tentang teknis pengelolaan perpustakaan dan pendanaan. (2) Sumber daya manusia yang harus di perhatikan lagi, yaitu dengan memberi kesempatan atau untuk mengikuti seminar-seminar tentang teknis pengelolaan perpustakaan, agar para pegawai lebih mengerti dan lebih baik lagi dalam mengelola perpustakaan. (3) Kepala perpustakaan dalam mengelola perpustakaan selalu di dukung oleh dana walaupun minim tetapi mengelolanya cukup baik. (4) Fasilitas perpustakaan di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum cukup bagus, tetapi harus diperhatikan lagi dari segi sarana pendukung dan prasarana lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:58
Last Modified: 28 Dec 2016 01:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10243

Actions (login required)

View Item View Item