PENGARUH KEAKTIFAN DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BIDANG BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Lona Wati, (2012) PENGARUH KEAKTIFAN DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BIDANG BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012138.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru bertempat di Jl. Garuda Sakti KM.3 kelurahan Simpang Baru, Kecematan Tampan merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pelayanan bimbingan dan konseling dengan dibantu oleh tiga orang guru pembimbing. Guru pembimbing tersebut mempunyai peranan masing-masing untuk membimbing siswa asuhnya. Walaupun layanan bimbingan kelompok sudah dilaksanakan namun masih terdapat siswa-siswa yang mengalami masalah mengenai aktivitas belajar. Penelitian ini berusaha menggambarkan tentang Pengaruh Keaktifan Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok Bidang Belajar Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini termsuk jenis penelitian korelasi yang berusaha menghubungkan dua variabel yakni keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang belajar (X) dan aktivitas belajar siswa (Y) kemudian mencari berapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Jenis data dalam penelitian ini keduanya adalah data ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval agar dapat dianalisis secara statistik. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif yang signifikan pada keaktifan dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang belajar terhadapa aktivitas belajar siswa, maka data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan regresi linier dengan metode kuadrat terkecil. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang disebarkan kepada 60 responden pada tanggal 12 september 2011 sebanyak 60 eksemplar, dokumentasi, wawancara dan observasi. Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan: (1) keaktifan siswa dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang belajar yang secara umum tergolong kurang aktif, yakni sebanyak 39 orang atau sebesar 65%, pada kategori tidak aktif sebanyak 12 orang atau sebesar 20% dan pada kategori aktif sebanyak 9 orang atau sebesar 15% . (2) Aktivitas belajar siswa SMAN 12 Pekanbaru yang secara umum tergolong cukup aktif, yakni sebanyak 45 orang atau sebesar 75%, pada kategori aktif sebanyak 9 orang atau sebesar 15% dan pada kategori tidak aktif sebanyak 6 orang atau sebesar 10%. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang belajar terhadap Aktivitas belajar siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori sangat kuat yaitu 0.631. Sedangkan koefisien determinasi (R Square) adalah 0,398. Kontribusi keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang belajar terhadap Aktivitas belajar siswa adalah sebesar 39,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:56
Last Modified: 28 Dec 2016 01:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item