Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN NOMINAL GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 7 TANJUNGPINANG

Nike Afri Faselawanti (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN NOMINAL GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 7 TANJUNGPINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011128.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran nominal group untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIc SMPN 7 Tanjungpinang. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran nominal group untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIc SMPN 7 Tanjungpinang pada pokok bahasan Lingkaran?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc SMP Negeri 7 Tanjungpinang yang berjumlah 41 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari hasil belajar matematika, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 41 siswa yaitu 4 siswa tuntas dan 37 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 9,76%. Sedangkan hasil tes hasil belajar matematika dengan penerapan strategi pembelajaran nominal group pada siklus terakhir diperoleh ketuntasan individual 24 siswa tuntas dan 17 siswa belum tuntas, rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 58,54%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran nominal group dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIc SMPN 7 Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:47
Last Modified: 15 Jan 2016 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item