EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI DALAM MENYIAPKAN SISWA MEMASUKI PERGURUAN TINGGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Alias Sapri, (2012) EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI DALAM MENYIAPKAN SISWA MEMASUKI PERGURUAN TINGGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012111.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektifitas layanan informasi dalam menyiapkan siswa memasuki peguruan tinggi di SMA N 12 Pekanbaru. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas layanan informasi dalam menyiapkan siswa memasuki perguruan tinggi di SMA N 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitiannya siswa dan guru pembimbing SMA Negeri 12 Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objek penelitianya keefektifan layanan informasi dalam menyiapkan siswa memasuki perguruan tinggi di SMA N 12 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan angket dan wawancara. Data hasil angket akan dianalisa dengan menggunakan rumus persentase, sedangkan data hasil wawancara akan dianalisa secara naratif atau menjelaskan. Hasil Temuan tentang efektifitas layanan informasi dalam menyiapkan siswa memasuki perguruan tinggi di SMA N 12 Pekanbaru adalah: (1) pemberian materi yang berkaitan dengan pemahaman tentang perguruan tinggi masih kurang efektif, yaitu hasil jawabannya berada pada kategori “kurang efektif” dengan persentase jawaban “ya” 72,6%, sedangkan jawaban “tidak” 27,4%. (2) Pemberian materi informasi mengenai status kepemilikan perguruan tinggi termasuk pada kategori “tidak efektif” dengan persentase jawaban “ya” 49,3%, sedangkan jawaban “tidak” 50,7%. (3) pemberian materi mengenai macam macam perguruan tinggi berada pada kategori “kurang efektif” dengan persentase jawaban “ya” 65,5% sedangkan jawaban “tidak” 34,5%. (3) pemberian materi tentang jalur-jalur untuk memasuki perguruan tinggi berada pada kategori “kurang efektif” dengan persentase jawaban “ya” 54,6%, sedangkan jawaban “tidak” 45,4%, Dengan demikian dapatlah di ambil kesimpulan bahwa layanan informasi yang di berikan di SMA N 12 Pekanabaru masih kurang efektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas layanan informasi dalam menyiapkan siswa memasuki perguruan tinggi di sekolah menengah atas negeri 12 Pekanbaru adalah: (1) Pendidikan guru pembimbing, (2) Kepribadian guru pembimbing, (3) Pengalaman dan pengetahuan guru pembimbing, (4) Metode layanan, (5) Fasilitas, (6) Waktu penyelenggaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:51
Last Modified: 28 Dec 2016 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10238

Actions (login required)

View Item View Item