Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU PEMBIMIBING TERHADAP PERMASALAHAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR

M. Hanafi (2012) PERAN GURU PEMBIMIBING TERHADAP PERMASALAHAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012105.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dialami siswa dalam belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri I Kampar, (2) untuk mengetahui bagaimana peran guru pembimbing terhadap permasalahan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri I Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, subjek penelitian ini adalah di siswa Sekolah Menengah Atas Negeri I Kampar. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah permasalahan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri I Kampar dan peran guru pembimbing di SMANegeri I Kampar. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan AUM PTSDL. Data wawancara dianalisa dengan kualitatif dan data AUM dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Permasalahan yang dialami siswa di dalam belajar adalah dapat di lihat dari AUM PTSDL yang menyatakan skor mutu kegiatan belajar siswa hanya 156 secara keseluruhan. Sedangkan yang idealnya sekor keseluruhan adalah 345. Semantara masalah bagian sarana di bidang belajar menunjukan 33,33%. Peran guru pembimbing adalah melakukan diagnosis, mengiditifikasi masalah keseluruhan siswa, memotivasi dan melaksanakan remedial. Pelaksanaan mengatasi kesulitan belajar siswa yang dilaksanakan oleh guru pembimbing di Sekolah Menengah Atas Negeri I Kampar belum begitu terlaksana dengan baik hal ini bisa di lihat dari kurangnya kerja sama yang baik antara kedua guru pembimbing tersebut disarankan agar guru pembimbing dapat menjalin kerja sama yang lebih baik dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:50
Last Modified: 28 Dec 2016 01:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10237

Actions (login required)

View Item View Item