PERSEPSI GURU TENTANG TATA TERTIB DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RUMBIO JAYA KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Bahrul Ulum, (2012) PERSEPSI GURU TENTANG TATA TERTIB DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RUMBIO JAYA KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201270.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Persepsi yang dimiliki oleh guru tentang tata tertib bisa berbeda-beda tergantung dari sudut pandang mereka masing-masing dan akan diterjemahkan dalam tingkah laku sebagai wujud reaksi. Di setiap sekolah termasuk di SMA Negeri 1 Rumbio Jaya terdapat tata tertib yang mengatur tingkah laku guru, di Sekolah tersebut ditemukan gejala ada sebagian guru yang menunjukkan perilaku kurang disiplin. Oleh karena perilaku seseorang dipengaruhi oleh persepsinya, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru tentang tata tertib di SMA Negeri 1 Rumbio Jaya Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan subjek utama yaitu guru sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah persepsi guru tentang tata tertib. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Populasi penelitian adalah seluruh guru yang berjumlah 33 orang. Karena populasi tergolong kecil, maka penulis menggunakan total sampling. Untuk mengumpulkan data tentang persepsi, penulis menggunakan angket. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisis data, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Persepsi guru di SMA Negeri 1 Rumbio Jaya Kabupaten Kampar tentang tata tertib dikategorikan positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir pengolahan data dari lapangan yang menunjukkan bahwa persentase yang diperoleh sebesar 62,5% yang berada pada rentang 61%-80 %. 2. Faktor yang mendukung persepsi guru tentang tata tertib di SMA Negeri 1 Rumbio Jaya adalah adanya keteladanan dan pengawasan yang cukup baik dari Kepala Sekolah. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu a. Belum adanya pemberian penghargaan dari Kepala Sekolah kepada guru yang disiplin terhadap tata tertib. b. Belum ada peninjauan Kepala Sekolah kepada guru tentang tata tertib. c. Lingkungan yang kurang baik. Untuk itu penulis menyarankan agar kepala sekolah lebih mengintensifkan pengawasan terhadap pelaksanaan tata tertib oleh guru dan memberikan penghargaan (reward) kepada guru yang dinilai disiplin, sebaliknya memberikan teguran kepada guru yang dinilai kurang disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 08:58
Last Modified: 27 Dec 2016 08:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10235

Actions (login required)

View Item View Item