KOMITMEN GURU DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH TSANAWIYAH AL- IHSAN DESA BULUH RAMPAI KECAMATAN SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Lilis Marliah, (2012) KOMITMEN GURU DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH TSANAWIYAH AL- IHSAN DESA BULUH RAMPAI KECAMATAN SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201246.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan unsur Salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan selain komponen yang lainnya. Oleh karena itu, guru diharapkan betul-betul memiliki kinerja dan komitmen kerja yang baik. Dengan komitmen kerja yang tinggi nantinya akan mampu menghasilkan suatu output yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan survai di lapangan dijumpai gejala gejala: (a) para guru kurang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, (b) para guru kurang membina kegiatan ekstrakurikuler, (c) para guru kurang disiplin dalam melakukan kegiatan ekstrakurikuler, (d) sebagian guru tidak menjadwalkan kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Komitmen guru dalam kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Desa Buluh Rampai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu dan faktor-faktor yang mempengaruhi Komitmen guru dalam kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Desa Buluh Rampai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Desa Buluh Rampai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Sedangkan objeknya adalah “Komitmen guru dalam kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Desa Buluh Rampai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu”. Populasi dari penelitian ini adalah berjumlah 30 orang dan penelitian ini tidak menggunakan sampel karena kecilnya jumlah populasi. Teknik pengumpulan dalam penyaringan data dilakukan dengan cara membagikan Angket kepada responden. Analisa data yang digunakan adalah data deskriptif kualitatif yang menunjukkan bahwa data komitmen guru dalam kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Desa Buluh Ramapai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu di kategorikan “Tinggi” yaitu dengan persentase 78,7% yang terdapat pada rentang 61%- 80%. Tingginya komitmen guru dalam kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan dipengaruhi oleh faktor-faktor: (1) Adanya motivasi dari guru-guru dalam melaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang diterima dari kepala sekolah. (2) Terjalinnya komunikasi dengan guru-guru mengenai kegiatan ekstrakurikuler. (3) Pengambilan keputusan tentang tugas pembinanaan kegiatan ekstrakurikuler dengan melibatkan guru. (4) Kompensasi yang diterima guru sesuai dengan kesepakatan kerja. (5) Kemampuan kepala sekolah mengarahkan guru-guru dalam melaksanakan tugasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 08:57
Last Modified: 27 Dec 2016 08:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item