Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG KEPRIBADIAN GURU PEMBIMBING DAN SIKAP SISWA KELAS IX DALAM MENGIKUTI LAYANAN KONSELING PERORANGAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 25 PEKANBARU

Mis Erjelita (2012) HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG KEPRIBADIAN GURU PEMBIMBING DAN SIKAP SISWA KELAS IX DALAM MENGIKUTI LAYANAN KONSELING PERORANGAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 25 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201242.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 25 Pekanbaru merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kota Pekanbaru yang menjadikan program bimbingan konseling bagian integral dari proses pendidikan. Di SMP Negeri 25 ini telah dilaksanakan beberapa layanan kepada siswa yang mengalami berbagai masalah. Salah satu layanan yang diberikan adalah layanan konseling perorangan. Diharapkan dengan adanya layanan ini siswa dapat memanfaatkannya dengan baik dan bersikap baik pula pada saat mengikuti layanan konseling perorangan tersebut. Berdasarkan studi pendahuluan ditemui gejala sikap sebagian siswa yang cenderung negatif pada saat mengikuti layanan konseling perorangan. Mengingat sikap siswa dalam mengikuti layanan perorangan turut dipengaruhi oleh persepsi mereka tentang kepribadian guru pembimbing yang memberikan layanan, maka penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa kelas IX tentang kepribadian guru pembimbing di SMP Negeri 25 Pekanbaru (2) sikap siswa kelas IX dalam mengikuti layanan konseling perorangan di SMP Negeri 25 Pekanbaru (3) hubungan persepsi siswa tentang kepribadian guru pembimbing dan sikap siswa dalam mengikuti layanan konseling perorangan di SMP Negeri 25 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Subjek penelitian adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah hubungan persepsi siswa tentang kepribadian guru pembimbing dan sikap siswa dalam mengikuti layanan konseling perorangan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX yang pernah mengikuti layanan konseling perorangan yang berjumlah 84 orang. Mengingat populasi tidak begitu besar maka penulis menggunakan Total Sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik angket yang disusun mengikuti skala Likert. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara korelasi dengan rumus Product Moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) persepsi siswa kelas IX SMP Negeri 25 Pekanbaru tentang kepribadian guru pembimbing tergolong sedang dengan persentase 86,42%. (2) Sikap siswa kelas IX SMP Negeri 25 Pekanbaru dalam mengikuti layanan konseling perorangan tergolong sedang dengan persentase 74,07%. (3) Berdasarkan uji korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,370. Hasil koefisien korelasi ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru pembimbing dan sikap siswa kelas IX mengikuti layanan konseling perorangan. Di SMP Negeri 25 Pekanbaru. Artinya semakin positif persepsi siswa tentang kepribadian guru pembimbing maka semakin positif pula sikap siswa mengikuti layanan konseling perorangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 08:54
Last Modified: 27 Dec 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10232

Actions (login required)

View Item View Item