Raja Rahima M (2012) UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI MASALAH HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201241.pdf Download (652kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui jenis masalah hubungan interpersonal siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru (2) Mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya masalah hubungan interpersonal siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru (3) Mengetahui upaya guru pembimbing dalam mengatasi masalah hubungan interpersonal siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI dan guru pembimbing di SMA Negeri 12 pekanbaru dan obyeknya adalah masalah hubungan interpersonal di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik penyebaran angket dan wawancara. Data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan dengan kualitatif, sedangkan data wawancara dianalisa dengan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan jenis masalah hubungan interpersonal yang dialami siswa di SMA Negeri 12 pekanbaru sebagai berikut: a. siswa belum mampu membangun persahabatan: masalah yang dominan adalah sulit mempercayai orang lain (92%), b. siswa kesulitan masuk ke kelompok sosial yang telah terbentuk: masalah yang dominan adalah siswa mau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tetapi tidak memiliki kecakapan (96%). Dan faktor-faktor penyebab terjadinya masalah hubungan interpersonal siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru adalah: a. Siswa masih membangun hubungan interpersonal berdasarkan gender: masalah yang dominan adalah siswa menyatakan lebih senang berteman dengan anak laki-laki (94%), b. Siswa kurang percaya diri: masalah yang dominan adalah siswa merasa dirinya bukan orang hebat sehingga mereka enggan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler (75%), c. Kurangnya pemahaman siswa tentang bagaimana membangun hubungan interpersonal yang baik: masalah yang dominan adalah siswa tahu bagaimana cara bergaul yang baik (93%). Upaya guru pembimbing dalam mengatasi masalah hubungan interpersonal siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru adalah: a. Mengidentifikasi masalah hubungan interpersonal siswa melalui observasi, informasi dari guru bidang studi dan siswa itu sendiri. b. Membuat program yang sesuai dengan masalah siswa dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling. c. Guru pembimbing memasukkan materi pentingnya membangun hubungan interpersonal. d. Membantu siswa yang bermasalah dengan melaksanakan konseling individual. e. Jika sampai berselisih guru pembimbing melakukan layanan mediasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 04:17 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 04:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10231 |
Actions (login required)
View Item |