Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMPETENSI KEAHLIAN BERKARYA GURU PEMBIMBING DALAM PENGGUNAAN INSTRUMEN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Ulul Azmi (2012) KOMPETENSI KEAHLIAN BERKARYA GURU PEMBIMBING DALAM PENGGUNAAN INSTRUMEN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201211.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Kompetensi keahlian berkarya yang dimiliki oleh Guru Pembimbing dalam melaksanakan instrumentasi konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tambang kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, (2) Untuk mengetahui Faktor–faktor yang mempengaruhi kompetensi keahlian berkarya Guru Pembimbing dalam melaksanakan instrumentasi konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tambang kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 3 orang guru pembimbing. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah kompetensi keahlian berkarya Guru Pembimbing dalam melaksanakan instrumentasi konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tambang kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data angket dan wawancara dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang bersifat kualitatif digambarkan dengan kata-kata, sedangkan data kuantitatif yang berbentuk angka-angka dipersentasekan dan ditafsirkan. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru pembimbing yang berjumlah sebanyak 3 orang. Karena jumlah populasi hanya 3 orang, maka peneliti tidak mengambil sampel. Dengan demikian penelitian ini disebut dengan penelitian populasi. Melalui penelitian ini penulis menemukan pelaksanaan kompetensi keahlian berkarya Guru Pembimbing dalam melaksanakan instrumentasi konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tambang kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tergolong pada kategori baik yaitu berkisar antara 66-85%. Hal ini dapat dilihat dari prosentase alternatif jawaban “Ya” dengan jumlah 73,3% dan prosentase jawaban “tidak” berjumlah 27,8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaanya telah dilaksanakan dengan baik oleh guru pembimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 04:14
Last Modified: 27 Dec 2016 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10229

Actions (login required)

View Item View Item