ANALISIS AKUNTANSI AKTIVA TETAP PADA PT. SINAR PERDANA CARAKA ( SPC ) DESA BALAI JAYA KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR

Fadlun, (2012) ANALISIS AKUNTANSI AKTIVA TETAP PADA PT. SINAR PERDANA CARAKA ( SPC ) DESA BALAI JAYA KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012368AKN.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Peneelitian ini dilaksanakan pada PT. Sinar Perdana Caraka ( SPC ) Desa Balai Jaya Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir yang berkedudukan di Jl. Lintas Riau - Sumatra Utara, KM. 38, Desa Balai Jaya Kecamatan Bagan Sinemah Kabupaten Rokan Hilir. PT. Sinar Perdana Caraka (SPC) adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan kelapa sawit atau tandan buah segar menjadi minyak mentah ( crude iol ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perlakuan akuntansi aktiva tetap yang diterapkan oleh perusahaan telah sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan data sekunder yaitu data yang diperoleh dalam bentuk jadi yang ada pada perusahaan, sedangkan analisis yang digunakan adalah analisi deskriptif. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan diperusahaan, diketahui bahwa perusahaan dalam menentukan biaya perolehan aktiva tetap, perusahaan tidak memasukkan biaya pemasangan kedalam biaya perolehan. Dalam menentukan beban penyusutan perusahaan menghitung setahun penuh tanpa memperhatikan bulan perolehan. Dalam hal penyajian aktiva tetap masih terdapat aktiva tetap yang tidak digunakan lagi karena rusak serta tidak mempunyai manfaat ekonomis dimassa yang akan datang masih dilampirkan sebagai aktiva tetap. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan kebijakan akuntansi aktva tetap yang diterapkan oleh perusahaan belum sesuai dengan setandar akuntansi keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 04:02
Last Modified: 27 Dec 2016 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10225

Actions (login required)

View Item View Item