PENGARUH SISTEM PENGHARGAAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN KINERJA MANAJERIAL (Studi Empris Pada Perusahaan Perbankan di Pekanbaru)

siti Dinar, (2012) PENGARUH SISTEM PENGHARGAAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN KINERJA MANAJERIAL (Studi Empris Pada Perusahaan Perbankan di Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012338AKN.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem penghargaan, komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Metode analisis yang digunakan adalah moderated regression analysis dengan bantuan SPSS versi 17. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Populasi responden pada penelitian ini adalah kepala cabang, manajer keuangan, manejer operasional, manajer kredit dan bagian accounting pada perusahaan perbankan BUMN yang ada di kota Pekanbaru, dengan jumlah sampel sebanyak 39 responden. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa variabel partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial, yang menyatakan bahwa partisipasi yang tinggi dalam penyusunan anggaran akan meningkatkan kinerja manajerial. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa sistem penghargaan tidak berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasi juga tidak berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Hasil pengujian hipotesis keempat menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Sedangkan pengujian hipotesis kelima menunjukkan bahwa secara simultan variabel partisipasi penyusunan anggaran dan moderat berpengaruh terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:56
Last Modified: 27 Dec 2016 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10222

Actions (login required)

View Item View Item