PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI TERHADAP MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI UIN SUSKA RIAU DAN UMRI)

Winda, (2012) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI TERHADAP MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI UIN SUSKA RIAU DAN UMRI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012323AKN.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi terhadap mahasiswa fakultas ekonomi akuntansi uin suska riau dan umri). Pengukuran pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi menggunakan instrumen kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah linear berganda, metode enter dengan menggunakan program SPSS versi 17. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi berupa pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Uji f digunakan untuk mengetahui pengaruh pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi secara bersama-sama (simultan). Hasil penelitian menunjukan. Pertama, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini handal dan valid melalui pengujian validitas dan reabillitas dengan menggunakan pearson corelation dan cronbach alpha. Kedua, distribusi jawaban responden adalah normal dilihat dari penyebaran data (titik) p pada sumbuh diagonal dari grafik P.Pof Regression Standardized Residuals. Ketiga, secara varsial variabel pengenalan diri, pengendalian diri dan motivasi memiliki pengaruh negatif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan p value (sig) 0,00 > 0,05.dan secara varsial variabel empati dan keterampilan sosial memiliki pengaruh positif terhadap tingkat pemahamanakuntansi. Keempat, secara bersama-sama semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan p value (sig) 0,00 < 0,05. Kelima, variabel independen berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai koefisien parsial 0,83,2 (83,2%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:40
Last Modified: 27 Dec 2016 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10213

Actions (login required)

View Item View Item