FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESADARAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS DALAM MELAPORKAN KEWAJIBAN PERPAJAKANNYA DI KANTOR PELAYANAN, PENYULUHAN DAN KONSULTASI PERPAJAKAN (KP2KP) DURI

Harlya Marni, (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESADARAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS DALAM MELAPORKAN KEWAJIBAN PERPAJAKANNYA DI KANTOR PELAYANAN, PENYULUHAN DAN KONSULTASI PERPAJAKAN (KP2KP) DURI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012304AKN.pdf

Download (891kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengetahuan dan pemahaman wajib pajak terhadap pajak, kemauan membayar pajak, manfaat yang dirasakan wajib pajak dan sikap optimis wajib pajak terhadap pajak mempengaruhi kesadaran membayar pajak. Penelitian dilakukan di KP2KP Duri. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, selanjutnya data yang telah dikumpulkan tersebut diolah dengan menggunakan SPSS versi 16,00. Data penelitian ini menggunakan kuisioner, dalam teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, 5 point yang dimulai dari “sangat tidak setuju” (skala 1) sampai “sangat setuju” (skala 5). Sampel yang diambil adalah 100 responden wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas yang terdaftar dan aktif melaporkan kewajiban perpajakannya di KP2KP Duri. Untuk menguji hipotesis menggunakan regresi linear berganda dengan tarif signifikansi 5%. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris apakah terdapat pengaruh pengetahuan dan pemahaman wajib pajak akan peraturan perpajakan, kemauan membayar pajak, manfaat yang dirasakan wajib pajak dan sikap optimis wajib pajak terhadap kesadaran membayar pajak pada KP2KP Duri. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan pengetahuan dan pemahaman wajib pajak akan peraturan perpajakan, kemauan membayar pajak, manfaat yang dirasakan wajib pajak dan sikap optimis wajib pajak berpengaruh pada kesadaran wajib pajak dalam membayar kewajiban perpajakannya. Kata Kunci: pengetahuan dan pemahaman akan peraturan perpajakan, kemauan membayar pajak, manfaat pajak yang dirasakan WPOP, sikap optimis WPOP terhadap pajak, kesadaran membayar pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:30
Last Modified: 27 Dec 2016 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10206

Actions (login required)

View Item View Item