ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI DAN PENGAWASAN PIUTANG PADA PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PERDESAAN KECAMATAN TAMBANG

Ena Yuliana, (2012) ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI DAN PENGAWASAN PIUTANG PADA PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PERDESAAN KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012303AKN.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Tambang merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa dengan memberikan pinjaman kepada masyarakat untuk mendirikan atau melakukan kegiatan perekonomian. Penelitian ini penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui apakah perlakuan akuntansi piutang simpan pinjam yang diterapkan di PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Tambang sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku dan prosedur pengawasan piutang telah dilakukan dengan baik. PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Tambang dalam melakukan perlakuan akuntansi piutangnya belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan, karena dalam melakukan penilaian piutang tidak menggunakan sistem penyisihan yang jelas bertentangan dengan Standar Akuntansi Keuangan yang memakai sistem penyisihan terhadap piutang tak tertagih. Selanjutnya, dalam melakukan pencatatan pendapatan jasa masih terdapat kesalahan sehingga akan mempengaruhi besarnya laba rugi yang diperoleh dan seharusnya PNPM Mandiri Pedesaan melakukan koreksi atas hal itu. Kemudian dalam menyajikan piutang di neraca, PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Tambang menyajikan sebesar nilai brutonya saja tanpa dikurangi dengan penyisihan piutang tak tertagih, hal ini juga bertentangan dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku yang menganjurkan penyajian piutang di neraca sebesar nilai netto nya. Sedangkan dalam hal pengawasan masih terdapat kelemahan sehingga mengakibatkan banyak piutang tak tertagih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:28
Last Modified: 27 Dec 2016 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item View Item