PENGARUH ETIKA PROFESI DAN PENGETAHUAN AKUNTAN PUBLIK DALAM MENDETEKSI KEKELIRUAN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada KAP Kota Pekanbaru)

Kasmayani, (2012) PENGARUH ETIKA PROFESI DAN PENGETAHUAN AKUNTAN PUBLIK DALAM MENDETEKSI KEKELIRUAN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada KAP Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012297AKN.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika profesi dan pengetahuan akuntan publik dalam mendeteksi kekeliruan terhadap kualitas audit pada KAP Kota Pekanbaru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode sensus. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang terdaftar pada KAP yang ada di Kota Pekanbaru. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 45 buah. Dari 45 keusioner, kuesioner yang bisa diolah adalah sebanyak 33 buah, sedangkan sisanya tidak dikembalikan oleh responden yang bersangkutan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda, diuji dengan menggunakan SPSS versi 17. Berdasarkan pengujian terhadap 33 buah kuesioner tersebut, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dua variabel independen (etika profesi dan pengetahuan) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas audit pada KAP Kota Pekanbaru. Hal ini terlihat dari nilai f hitung yang lebih besar dari f tabel (45,195 > 3,32). Sedangkan secara parsial variabel independen (etika profesi dan pengetahuan) juga mempunyai pengaruh signifikan terhadap kualitas audit pada KAP Kota Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari t hitung variabel etika profesi lebih besar dari t tabel (5,687>2,042), dan t hitung variabel pengetahuan lebih besar daripada t tabel (3,938>2,042). Sedangkan untuk pengujian koefisien determinasi (R square) didapat hasil sebesar 0,479 atau sebesar 47,9%. Artinya variabel independen dalam penelitian ini (etika profesi dan pengetahuan) mampu menjelaskan dan mempengaruhi variabel dependen (kualitas audit) sebesar 47,9%, sedangkan sisanya sebesar 52,1% dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:23
Last Modified: 27 Dec 2016 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10202

Actions (login required)

View Item View Item