PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 009 SAIL KECAMATAN SAIL KOTA PEKANBARU

Itrawati, (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 009 SAIL KECAMATAN SAIL KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011215.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 009 Sail Kecamatan Sail Kota Pekanbaru, penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diantaranya kurangnya keingintahuan siswa terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru di kelas, hanya sebagian siswa yang mau bertanya atau mengajukan pendapatnya, Dalam proses pembelajaran siswa cendrung lebih banyak diam, bahkan ada yang tidur pada saat pembelajaran berlangsung, dan dari 34 orang siswa 20 orang (59%) kurang semangat dalam belajar dan hanya 14 orang (41%) siswa yang tergolong aktif dan mau bertanya kepada guru saat proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penerapan pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil observasi pada gejala awal motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 43,7% dengan kategori rendah. Kemudian berdasarkan hasil observasi pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa mencapai dengan rata-rata persentase 63,o% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 76,5 dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 04:48
Last Modified: 22 Dec 2015 04:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item