PENGARUH COMPLIANCE REPORTING, STRUKTUR DEWAN KOMISARIS DAN EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN PUBLIK SEKTOR MANUFAKTUR)

Yuliana Chandra, (2012) PENGARUH COMPLIANCE REPORTING, STRUKTUR DEWAN KOMISARIS DAN EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN PUBLIK SEKTOR MANUFAKTUR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012254AKN.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Teori agensi berbicara tentang kepentingan antara pemegang saham dan pemilik perusahaan, dimana kedua pihak tersebut memiliki perbedaan kepentingan tentang cara memperoleh keuntungan yang akan menimbulkan konflik agensi. Sebagian dari fungsi kepemilikan dengan manajemen akan memberikan dampak negatif, sehingga manajemen memiliki kebebasan dalam memaksimumkan laba untuk kepentingan manajemen itu sendiri. Kondisi ini yang kemudian akan menimbulkan asimetri informasi bagi manajemen dengan pihakpihak yang memiliki kepentingan terhadap informasi perusahaan. Dalam hal ini pihak eksternal perusahaan sangat menginginkan informasi tentang kinerja perusahaan, karena kinerja perusahaan sangat berpengaruh terhadap kalanjutan operasional perusahaan. Kinerja perusahaan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, yang sangat penting untuk diketahui oleh pihakpihak yang meiliki kepentingan terhadap perusahaan agar mereka dapat mengambil investasi.Compliance reporting merupakan faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan, sesuai dengan hasil penelitian dengan menggunakan uji t (t test) dengan tingkat keyakinan 95% membuktikan bahwa compliance reporting memiliki hubungan positif dengan kinerja perusahaan. Penelitan terhadap struktur dewan komisaris memperlihatkan pengaruh yang negatif terhadap kinerja perusahaan. Sebaliknya, Penelitian terhadap earnings management dengan menggunakan discrectionary accrual memperlihatkan bahwa earnings management tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 02:44
Last Modified: 27 Dec 2016 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10189

Actions (login required)

View Item View Item