ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Nur Wahyuni, (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012234AKN.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Struktur modal merupakan perimbangan antara penggunaan modal sendiri dengan penggunaan hutang, yang berarti berapa besar modal sendiri dan berapa besar hutang yang akan digunakan, sehingga dapat menghasilkan struktur modal yang optimal. Mengingat banyaknya faktor yang berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan maka penelitian ini akan meneliti pengaruh ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan asset dan kemampulabaan terhadap struktur modal perusahaan manufaktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh antara ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan asset dan profitabilitas terhadap struktur modal perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2010. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 88 perusahaan manufaktur, dimana metode yang digunakan adalah purposive sampling yaitu suatu metode pengambilan sampel yang mengambil obyek dengan kriteria tertentu. Pada pengujian normalitas harus mengalami penghilangan outlier sebanyak 12 data, maka data observasi yang akhirnya digunakan adalah sebanyak 76 data. Analisis data menggunakanalatanalisisujiregresiberganda yang didahuluidenganujiasumsiklasik yang terdiridariujinormalitas, ujimultikolinearitas, ujiautokorelasidanujiheteroskedastisitas.Pengujianhipotesadilakukandenganmeng gunakanuji F danuji t. Hasilanalisis data atauhasilregresimenunjukkanbahwasecarasimultanukuranperusahaan, risikobisnis, pertumbuhan asset danprofitabilitasmempengaruhistruktur modal.Sedangkansecaraparsialvariabel yang berpengaruhterhadapstruktur modal adalahukuranperusahaandanpertumbuhan asset sedangkanvariabelresikobisnisdanprofitabilitassecaraparsialtidakmempengaruhis truktur modal. Besarnyakoefisiendeterminasi (adjusted R square) adalahsebesar 0,106. Hal iniberartibahwa 10,6 persenvariabeldependenyaitustruktur modal dapatdijelaskanolehempatvariabelindependenyaituukuranperusahaan, risikobisnis, pertumbuhan asset danprofitabilitas, sedangkansisanyasebesar 89,4 persenstruktur modal dijelaskanolehvariabelatausebab-sebab lain diluar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 02:31
Last Modified: 27 Dec 2016 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10183

Actions (login required)

View Item View Item