Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ANGGARAN DENGAN SENJANGAN ANGGARAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan BUMN di Pekanbaru)

Rina Mulyani (2012) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ANGGARAN DENGAN SENJANGAN ANGGARAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan BUMN di Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012185AKN.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan ketidakpastian lingkungan terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan senjangan anggaran. Metode analisis yang digunakan dengan bantuan SPSS versi 17. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Populasi responden pada penelitian ini adalah manajer menengah atas pada perusahaan perbankan BUMN yang ada di Kota Pekanbaru, dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan pertama, instrument yang digunakan dalam penelitian ini handal dan valid melalui pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan Pearson Corelation dan Croanbach Alpha. Secara parsial hipotesis pertama diperoleh kesimpulan bahwa partisipasi anggaran tidak berpengaruh terhadap senjangan anggaran dimana nilai t tabel 1,699 > t hitung sebesar 0,960. Hipotesis kedua diperoleh kesimpulan bahwa ketidakpastian lingkungan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan senjangan anggaran dimana nilai t tabel sebesar 1,699 > t hitung sebesar -0,187. Hipotesis ketiga, diperoleh kesimpulan bahwa komitmen organisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan senjangan anggaran dimana nilai t tabel sebesar 1,699 < t hitung sebesar 5,012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:39
Last Modified: 27 Dec 2016 01:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10170

Actions (login required)

View Item View Item