Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KESENJANGAN ANGGARAN PADA PEMERINTAHAN KABUPATEN PELALAWAN

Andi Nopiany (2012) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KESENJANGAN ANGGARAN PADA PEMERINTAHAN KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012127AKN.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran dan komitmen organisasi terhadap kesenjangan anggaran pada Pemerintahan Kabupaten Pelalawan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pejabat yang berada di bawah kepala dinas, yaitu kepala bagian dan sub bagian yang ada di masing-masing Dinas Pemerintahan Kabupaten Pelalawan yang masa jabatannya minimal satu tahun dan pendidikan minimal D3. Kusioner yang disebarkan sebanyak 112 buah dan kembali dengan utuh tanpa ada yang gugur. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan adalah regresi linear berganda, diuji dengan menggunakan SPSS versi 17. Berdasarkan pengujian terhadap 112 buah kusioner tersebut, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dua variabel independen (partisipasi anggaran danl komitmen organisasi) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesenjangan anggaran pada dinas Pemerintahan Kabupaten Pelalawan. Hal ini terlihat dari nilai f hitung yang lebih besar dari f tabel (50,195 > 3,078). Sedangkan secara parsial variabel independen (partisipasi anggaran dan komitmen organisasi) juga mempunyai pengaruh signifikan terhadap kesenjangan anggaran pada dinas Pemerintahan Kabupaten Pelalawan. Hal ini dapat dilihat dari t hitung variabel partisipasi anggaran lebih besar dari t tabel (5,687>1,981), dan t hitung variabel komitmen organisasi lebih besar daripada t tabel (3,938>1,981).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:21
Last Modified: 27 Dec 2016 01:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10166

Actions (login required)

View Item View Item