ANALISIS PENGARUH PRICE EARNING RATIO (PER), PRICE TO BOOK VALUE (PBV), BETA DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN KELOMPOK LQ45 YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA

Wahyudi Ilhami, (2012) ANALISIS PENGARUH PRICE EARNING RATIO (PER), PRICE TO BOOK VALUE (PBV), BETA DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN KELOMPOK LQ45 YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201286AKN.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Price Earning Ratio, Price to Book Value, Beta dan Kepemilikan Manajerial secara bersama-sama dan parsial serta yang paling dominan terhadap Return Saham pada Perusahaan Kelompok LQ45 pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode penelitian dari tahun 2006-2010. Populasi sebanyak 45 perusahaan. Pemilihan sampel penelitian menggunakan Teknik Non Probability Sampling dengan Metode Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan. Price Earning Ratio, Price to Book Value, Beta dan Kepemilikan Manajerial sebagai variabel bebas dan variabel terikatnya adalah Return Saham. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil regresi yang diperoleh menunjukkan nilai F hitung (0,576) lebih kecil dari F tabel (2,603), maka Ho diterima yang artinya Price Earning Ratio, Price to Book Value, Beta dan Kepemilikan Manajerial secara bersama-sama (simultan) tidak berpengaruh yang signifikan terhadap Return Saham. Sedangkan secara parsial variabel Price Earning Ratio tidak adanya pengaruh hubungan yang positif yang tidak signifikan dan variabel Kepemilikan Manajerial berpengaruh negative yang tidak signifikan terhadap Return Saham. Variabel Kepemilikan Manajerial berpengaruh paling dominan terhadap Return Saham, dimana t hitung (-0,770) > t tabel (-1,708) sehingga Ho diterima. Sedangkan variabel Price to Book Value dan Beta tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Koefisien Korelasi Berganda (R) sebesar 0,388 atau 38,8% yang menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang tinggi atau kuat antara Price Earning Ratio, Price to Book Value, Beta dan Kepemilikan Manajerial dengan Return Saham. Koefisien Determinasi (R 2 ) sebesar 0,150 menunjukkan bahwa sebesar 15% dari Return Saham dipengaruhi oleh Price Earning Ratio, Price to Book Value, Beta dan Kepemilikan Manajerial, sedangkan 85% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Dec 2016 09:21
Last Modified: 23 Dec 2016 09:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10157

Actions (login required)

View Item View Item