PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TENTANG PENGARUH PENDIDIKAN TINGGI AKUNTANSI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL

Supinah, (2013) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TENTANG PENGARUH PENDIDIKAN TINGGI AKUNTANSI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201279AKN.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yunior dan mahasiswa senior akuntansi di UIN SUSKA RIAU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi antara mahasiswa senior dan mahasiswa yunior dalam hal lama waktu mengikuti pendidikan tinggi akuntansi dan pengalaman mengikuti pendidikan akuntansi terhadap kecerdasan emosional. Penelitian ini mengunakan pendekatan yang bersifat survey. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel mengunakan metode purposive sampling. Populasinya adalah mahasiswa akuntansi semester III (yunior) dan VII (senior) dengan jumlah populasi sebanyak 268 mahasiswa. Dengan kriteria bagi mahasiswa yunior telah menyelesaikan 40 sks dan telah menyelesaikan pengantar akuntansi 1 dan pengantar akuntansi 2. Sedangkan kriteria bagi mahasiswa senior diambil setelah menyelesaikan 120 sks, serta telah menyelesaikan mata kuliah Pengantar Akuntansi 1, Pengantar Akuntansi 2, Akuntansi Keuangan 1, Akuntansi Keuangan 2, Akuntansi Keuangan Lanjutan 1, Audit 1, serta metode penelitian. Sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 247 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat di katakan bahwa perbedaan persepsi antara mahasiswa yunior dengan senior dalam hal lama waktu mengikuti pendidikan tinggi akuntansi terhadap kecerdasan emosional mempunyai nilai t hitung < dari t tabel yaitu 1,96. Hal ini mengidenfikasikan bahwa ter dapat perbedaan yang signifikan antara kelompok responden mahasiswa yunior dengan mahasiswa senior tentang kecerdasan emosional. Perbedaan persepsi antara mahasiswa yunior dengan mahasiswa senior dalam hal pengalaman mengikuti pendidikan tinggi akuntansi terhadap kecerdasan emosional mempunyai nilai t hitung <dari t tabel yaitu 1,96. Hal ini mengidenfikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok responden mahasiswa yunior dengan responden mahasiswa senior tentang kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Dec 2016 08:30
Last Modified: 23 Dec 2016 08:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10151

Actions (login required)

View Item View Item