ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU SOSIAL SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Ahmad Muttaqina Imama, (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU SOSIAL SMA NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201257AKN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan/atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. Keunggulan suatu bangsa tidak lagi bertumpu pada kekayaan alam, melainkan pada keunggulan sumber daya manusia, yaitu tenaga pendidik yang mampu menjawab tantangan-tantangan yang sangat cepat. Mutu sumber daya yang rendah ini merupakan suatu hambatan dalam persaingan di dunia internasional. Hal ini memacu kita terutama pemerintah untu k meningkatkan mutu pendidikan agar dapat menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang unggul. Tujuan dari penelitian ini ntuk mengetahhui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Analitik dengan menggunakan metode cross sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 144 siswa dan diperoleh sampel 106 siswa dengan menggunakan metode slovin. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling yaitu dengan cara acak atau diundi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Waktu penelitian dilakukan mulai tanggal 21 mei 2011 sampai dengan bulan januari 2012. Instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner dengan 25 pernyataan. Analisa data dengan menggunakan sistem komputerisasi yaitu univariat dan bivariat dengan bantuan program komputer SPSS Versi 17.0 for Windows agar hasil yang diperoleh lebih akurat. Berdasarkan hasil penelitian dari 106 siswa diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar akuntansi siswa adalah 63.8208. Dan dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar siswa dengan fakto-faktor yang mempengaruhinya degan nilai P-value 0.00 < α (0.05). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar pihak sekolah mengambil kebijakan yang berhubungan dengan pengadaan fasilitas belajar melalui dana yang diberikan oleh pemerintah ke sekolah, guru lebih mendorong siswa agar membiasakan belajar yang baik, siswa lebih mengembangkan potensi dengan adanya dukungan fasilitas belajar yang memadai dan kebiasaan belajar yang benar, orang tua lebih memperhatikan kebiasaan belajar anaknya agar prestasi belajar meningkat, peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan lebih banyak kontribusinya terhadap prestasi itu. Sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dapat digali dan dikaji secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Dec 2016 06:05
Last Modified: 23 Dec 2016 06:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10143

Actions (login required)

View Item View Item