Aliyas Pikal (2013) THE EFFECT OF USING JOT CHART STRATEGY TOWARDS READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT SMAN 1 SIAK REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_20131275PBI.pdf Download (515kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pada studi awal penulis, penulis menemukan bahwa beberapa siswa tidak mampu memahami teks bacaan analytical exposition pada buku pelajaran mereka di sekolah. Masalah tersebut dapat dilihat dari beberapa siswa yang tidak mampu memahami tentang isi dari teks bacaan dan menentukan ide pokok dari teks. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melaksanakan sebuah penelitian tentang hal ini. Tujuan penggunaan strategi Jot Chart adalah untuk menyelesaikan masalah siswa dalam pemahaman membaca. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMAN 1 Kabupaten Siak. Penelitian ini ditujukan untuk mencari perbedaan pada pemahaman siswa dalam membaca teks analytical exposition antara yang diajarkan dengan menggunakan strategi Jot Chart dan yang diajarkan tanpa menggunakan strategi Jot Chart di SMAN 1 Kabupaten Siak. Metode penelitian ini adalah Eksperimen Semu dengan jenis pre-test dan post-test grup tidak setara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Kabupaten Siak. Jumlah total populasi siswa adalah 176 orang. Dikarenakan populasi yang cukup besar, penulis menggunakan pengambilan sampel kelompok. Sampel dari penelitian ini adalah dua kelas yaitu XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan 30 siswa dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan 30 siswa. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan formula T-test sampel bebas dengan bantuan program SPSS Statistic 16,00. Setelah menganalisa data, penulis menemukan bahwa thitung lebih tinggi dibandingkan t tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sehingga Hipotesis Null (H o ) ditolak dan Hipotesis Alernatif (H a ) diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan pada pemahaman siswa dalam membaca teks analytical exposition antara yang diajarkan dengan menggunakan strategi Jot Chart dan yang diajarkan tanpa menggunakan strategi Jot Chart di SMAN 1 Kabupaten Siak.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Jot Chart dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman membaca mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 22 Dec 2016 08:58 |
Last Modified: | 22 Dec 2016 08:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10120 |
Actions (login required)
View Item |