THE EFFECT OF USING BALLOON DEBATE TECHNIQUE TOWARD STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT SECOND YEAR OF SMAN 1 TEMPULING IN INDRAGIRI HILIR REGENCY

Helga Ferdilla, (2013) THE EFFECT OF USING BALLOON DEBATE TECHNIQUE TOWARD STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT SECOND YEAR OF SMAN 1 TEMPULING IN INDRAGIRI HILIR REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131261PBI.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diadakan di kelas dua SMAN 1 Tempuling di Kabupaten Indragiri Hilir. Di sekolah ini, pelajaran bahasa inggris diajarkan oleh guru-guru yang profesional dibidang bahasa inggris. Mereka telah menggunakan berbagai macam teknik pengajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Seharusnya, siswa-siswa tidak lagi mempunyai masalah yang besar dalam berbicara. Tapi pada kenyataanya, beberapa diantara mereka masih belum bisa berbicara bahasa inggris dengan benar. Mereka menggunakan tatabahasa yang kurang tepat sewaktu berbicara. Mereka kekurangan kosakata untuk mengungkapkan sesuatu hal secara lisan. Di samping itu semua, mereka juga tidak dapat memahami apa yang dikatakan oleh pembicara dalam bahasa inggris dan juga pengucapan mereka belum sepenuhnya benar.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa dengan pengajaran menggunakan teknik balloon debate dan pegajaran tanpa menggunakan teknik balloon debate, dan juga untuk mengetahui pengaruh yang siknifikan dari penggunaan teknik balloon debate terhadap kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian experimen yang menggunakan desain Quasi Experimental with Nonequivalent Control Group. Peneliti menggunakan dua kelas sebagai sample dari penelitian ini. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas experimen, dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa masing-masing kelas adalah 20 siswa. Kedua kelas diberikan pretest dan posttest. Pengajaran dengan teknik baloon debate diberikan sebanyak 6 kali pertemuan pada kelas experimental. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes berbicara. Kemampuan berbicara siswa akan dinilai oleh dua orang rater. Nilai dari rater rater tersebut akan dianalisa menggunakan test-t dengan menggunakan SPSS 16.0. hasil dari penelitian ini yaitu H a diterima dan H o ditolak. Dengan kata lain, adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik balloon debate terhadap kemampuan berbicara siswa di kelas dua SMAN 1 Tempuling kabupaten Indragiri Hilir. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa pengajaran menggunakan teknik balloon debate efektif digunakan untuk meningkatkan kemapuan berbicara siswa dalam bahasa inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:53
Last Modified: 22 Dec 2016 08:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10116

Actions (login required)

View Item View Item