THE EFFECT OF USING BLOCK METHOD TOWARD STUDENTS’ WRITING DESCRIPTIVE PARAGRAPH OF THE FIRST YEAR AT ISLAMIC SENIOR BOARDING SCHOOL ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR REGENCY

Rudi Indah, (2013) THE EFFECT OF USING BLOCK METHOD TOWARD STUDENTS’ WRITING DESCRIPTIVE PARAGRAPH OF THE FIRST YEAR AT ISLAMIC SENIOR BOARDING SCHOOL ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131151PBI.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Menulis adalah proses untuk mentransfer ide. Itu adalah salah satu cara untuk berpikir dan belajar, supaya bisa mengembangkan ide atau informasinya. Untuk menulis kita harus mempunyai beberapa elemen seperti ; tata bahasa, ejaan, dan pengucapan. Semua dari elemen itu sangat mempengaruhi untuk meningkatkan cara siswa dalam menulis. Menulis salah satu bagian terpenting dalam belajar bahasa inggris. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kuasi eksperimen. Dalam penelitian ini digunakan dua variable; variable X dan variable Y. Subjek dari penelitian ini adalah siswa tahun pertama di pondok pesantren islamic centre al-hidayah Kampar sementara objeknya adalah penerapan metode Block dan kemampuan menulis mereka. Penelitian ini ditujukan kepada siswa tahun pertama di pondok pesantren islamic centre al-hidayah Kampar. Jumlah keseluruhan populasinya yaitu 128 siswa dan penulis mengambil 64 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi dan test. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan program SPSS. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata dari pre test pada kelas eksperiment adalah 63.08 dan nilai post-test adalah 78.38. dengan demikian, kemampuan siswa dalam menulis descriptive paragraph dengan menggunakan metode Block lebih tinggi setelah treatmen dilakukan daripada sebelum treatmen dilakukan. Sedangkan pada kelas kontrol, nilai rata-rata pre-test adalah 58.08 dan pada post-test adalah 60.73. dengan demikian, kemampuan siswa dalam menulis descriptive paragraph dengan menggunakan metode Block dikelas kontrol lebih rendah daripada siswa dikelas eksperimen. Setelah data dianalisa menggunakan rumus one-sample T-test, dapat diketahui bahwa nilai t adalah 11.823. nilai tersebut lebih besar nilainya dari t table pada taraf signifikan 5% (2.02) dan taraf signifikan 1% (2.72). dari keterangan tersebut, diketahui bahwa hipoteses null (Ho) ditolak, sementara hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada efek yang signifikan dari penerapan metode Block terhadap kemampuan menulis descriptive paragraph siswa kelas satu di pondok pesantren islamic centre al hidayah Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2016 05:18
Last Modified: 22 Dec 2016 05:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item