Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN DELEGASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI KISAH NABI SISWA KELAS IV SDN 031 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Nurahmawati (2011) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN DELEGASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI KISAH NABI SISWA KELAS IV SDN 031 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011214.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan di SDN 031 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar, ditemui gejalagejala yaitu : Kurangnya respon siswa dalam proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat ketika guru memberikan suatu permasalahan untuk di selesaikan siswa banyak yang diam dan tidak memberikan jawaban apa-apa. Kurangnya rasa keingintahuan siswa dalam proses pembelajaran, hal ini terlihat hanya sebagian siswa yang mempunyai inisiatif untuk bertanya. Kurangnya semangat siswa untuk mengerjakan latihan yang diberikan guru, hal ini terlihat sebagian siswa tidak bisa mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru dengan baik dan benar. Hal ini mengindikasikan rendahnya aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa di kelas. Sebagai upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa peneliti menerapkan Teknik Pembelajaran Delegasi dalam proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah Penerapan Teknik Pembelajaran Delegasi Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Kisah Nabi Siswa Kelas IV SDN 031 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan, dengan tujuan agar penelitian berhasil dengan baik, maka peneliti menyusun beberapa tahapan diantaranya, tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dijelaskan bahwa keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam siswa IV SDN 031 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sebelum dilakukan tindakan mencapai 48,8% berada pada interval 40% – 55% tergolong kurang baik. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I aktivitas belajar siswa meningkat dengan rata-rata 64,53% berada pada interval 56% – 75% tergolong cukup. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa juga meningkat dengan rata-rata 76,27% berada pada interval 76%-100% denan kategori tinggi. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian penerapan Teknik Pembelajaran Delegasi dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SDN 031 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 04:30
Last Modified: 22 Dec 2015 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item