THE EFFECT OF USING PREVIEW, READ ACTIVELY, REVIEW (P2R) STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT SMAN I PANGKALAN LESUNG PELALAWAN REGENCY

Eka Mulyani, (2013) THE EFFECT OF USING PREVIEW, READ ACTIVELY, REVIEW (P2R) STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT SMAN I PANGKALAN LESUNG PELALAWAN REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131136PBI.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan KTSP, membaca adalah salah satu kemampuan dalam menguasai bahasa Inggris yang harus diajarkan dan dipelajari pada tingkat SMA/MA. SMAN I Pangkalan Lesung merupakan salah satu pengguna kurikulum tersebut dalam proses belajar mengajar. Setelah melakukan studi pendahuluan di SMAN I Pangkalan Lesung, sebagian siswa pada kelas dua masih memiliki kelemahan dalam pemahaman bacaan. Peneliti menginterpretasikan bahwa mereka mempunyai kelemahan dalam menentukan ide pokok dalam bacaan dan mereka tidak menggunakan waktu untuk membaca dengan efisien. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan desain penelitian adalah penelitian pre-experimental yang menggunakan kelas eksperimen. Peneliti mengambil 1 kelas dari populasi kelas 2 yang ada di SMAN I Pangkalan Lesung sebagai sampel. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan cluster random sampling. Jumlah siswa kelas XI IPS 1 adalah 25 siswa. Kelas ini diberikan pre-test diawal, perbedaan tindakan di pertengahan dan post-test diakhir penelitian. Hasil pre-test dan post-test dari kelas eksperimen akan dibandingkan untuk mengetahui pengaruh dari tindakan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes sebagai alat untuk mengumpulkan data. Tes digunakan untuk menemukan bagaimana pemahaman membaca siswa pada teks narrative. Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pemahaman membaca siswa setelah diajarkan dengan menggunakan strategi Preview, Read Actively, Review (P2R) dan pemahaman membaca siswa sebelum diajarkan dengan menggunakan strategi Preview, Read Actively, Review (P2R). Hal itu dibuktikan dengan ditemukan t o (7.923) adalah lebih tinggi dibandingkan dengan T-tabel, pada taraf significant 5% dan 1% (2.04<7.923>2.67). Dengan demikian null hypothesis (H o ) ditolak, dan alternative hypothesis (H a ) diterima. Itu berarti bahwa ada pengaruh penggunaan strategi Preview, Read Actively, Review (P2R) terhadap pemahaman membaca siswa kelas 2 SMAN I Pangkalan Lesung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2016 05:02
Last Modified: 22 Dec 2016 05:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10096

Actions (login required)

View Item View Item