Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING PREVIEWING STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL (SMAN) 12 PEKANBARU THE EFFECT OF USING PREVIEWING STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL (SMAN) 12 PEKANBARU THE EFFECT OF USING PREVIEWING STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL (SMAN) 12 PEKANBARU

Siti Nurfarida (2013) THE EFFECT OF USING PREVIEWING STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL (SMAN) 12 PEKANBARU THE EFFECT OF USING PREVIEWING STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL (SMAN) 12 PEKANBARU THE EFFECT OF USING PREVIEWING STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL (SMAN) 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131084PBI.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan peneliti, ditemukan bahwa beberapa siswa tidak dapat memahami makna dari teks naratif dalam buku pelajaran mereka; beberapa siswa tidak dapat menemukan ide pokok, tidak dapat mengidentifikasi informasi khusus dan tidak memiliki pengetahuan dasar dari teks tersebut. Jadi, penulis tertarik mengadaakan penelitian tentang masalah tersebut. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan strategy previewing dalam memahami bacaan. Peserta dapat membangun pemahaman dasar dan membuat perkiraan untuk memahami bacaan text naratif dengan melakukan previewing. Tipe dari penelitian ini adalah quasi experimental dengan model nonequivalent control group. Penelitian ini diadakan di SMAN 12 Pekanbaru. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas dua SMAN 12 Pekanbaru, dan objek dari penelitian ini adalah pengaruh penggunaan strategi previewing terhadap pemahaman membaca teks naratif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kedua SMAN 12 Pekanbaru. Keseluruhan dari jumlah populasi adalah 326. Dikarenakan jumlah populasinya terlalu banyak, peneliti menggunakan cluster sampling dalam pengambilan sampel: kelas XI IPS 1 yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPS 2 yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas kontrol. Jadi, jumlah sampel dari dua kelas tersebut adalah 74 siswa. Untuk data analisisnya, peneliti menggunakan Independent sample T-test melalui SPSS. Berdasarkan penganalisaan data dari skor mean siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol, ditemukan bahwa skor mean siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada skor mean siswa di kelas control. Ahkirnya, berdasarkan analisa data dari rumus T-test, ditemukan bahwa T o lebih tinggi daripada T t baik dalam signifikan 1% dan 5%. Dalam kata lain, dapat kita baca 2,00<4,320>2,65. Maka peneliti dapat menyipulkan bahwa H o ditolak dan H a diterima. Maksudnya, ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi previewing tehadap pemahaman membaca teks narratif siswa kelas dua SMAN 12 Pekanbaru. Koefisien persentase dari penggunaan strategi previewing terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa kelas 2 SMAN 12 Pekanbaru adalah 20.58%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2016 04:43
Last Modified: 22 Dec 2016 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item View Item