THE CORRELATION BETWEEN CONTENT SCHEMATA AND READING COMPREHENSION ON EXPOSITORY TEXT OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT MAN KAMPAR

Indra Saputra, (2013) THE CORRELATION BETWEEN CONTENT SCHEMATA AND READING COMPREHENSION ON EXPOSITORY TEXT OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT MAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131081PBI.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Bartlett adalah orang pertama yang memperkenalkan konsep schema. Kemudian, Carrel dan Eisterhold mempersempit ruang lingkup schema ini menjadi beberapa jenis schema. Salah satunya adalah Content Schemata; yaitu latar belakang pengetahuan tentang isi teks atau topik. Latar belakang pengetahuan tersebut meliputi keakraban tentang topik, latar belakang budaya, dan pengalaman sebelumnya tentang teks terkait. Content schemata berhubungan dengan pengetahuan terhadap isi dari teks, yang merupakan kunci untuk memahami teks. Berdasarkan temuannya, dia menyarankan bahwa schemata dapat membantu pembaca memahami isi teks, khususnya content schemata. Meskipun demikian, peneliti menemukan hal yang berbeda antara kenyataan dan pernyataan yang di kemukakan Carrel di MAN Kampar. Berangkat dari permasalahan inilah, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Hubungan antara Content Schemata dan Pemahaman Membaca tentang Teks Ekspositori pada Siswa-Siswi Kelas Dua di MAN Kampar”. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi, guna mengetahui seberapa besar hubungan antara content schemata dan pemahaman membaca teks ekspositori pada Siswa-Siswi Kelas Dua di MAN Kampar. Peneliti menggunakan angket untuk menentukan tingkatan content schemata dan tes pilihan ganda untuk mengumpulkan data pemahaman membaca teks ekspositori dengan jumlah sampel 32 siswa dari total populasi 104 siswa kelas dua MAN Kampar. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata content schemata siswa adalah 75,66 (bagus) dengan nilai keseluruhan 2421. Sedangkan pemahaman membaca tentang teks ekspositori siswa-siswi adalah 70,88 (bagus) dengan nilai keseluruhan 2268. Setelah kedua data dianalisa, diketahui bahwa terdapat sebuah hubungan yang signifikan antara content schemata dan pemahaman membaca tentang teks ekspositori pada Siswa-Siswi Kelas Dua di MAN Kampar sebesar 0,785. Dengan demikian, hasil ℎ (0.785) ≥ nilai koeffisien korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5% (0,349) dan 1% (0,449) atau 0,349 <0,785>0,449. Dengan kata lain, Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya, content schemata memberikan kontribusi terhadap pemahaman membaca tentang teks expositori sebesar 61,62%. Sementara itu, sisanya 38,38% dikontribusikan oleh variabel-variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2016 04:40
Last Modified: 22 Dec 2016 04:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10084

Actions (login required)

View Item View Item