THE EFFECT OF USING PLUS MINUS INTERESTING TECHNIQUE TOWARD STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT THE SECOND YEAR OF STATE SENIOR HIGH SCHOOL 2 PEKANBARU

Elisa Kurnia, (2013) THE EFFECT OF USING PLUS MINUS INTERESTING TECHNIQUE TOWARD STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT THE SECOND YEAR OF STATE SENIOR HIGH SCHOOL 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131042PBI.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena ada beberapa permasalahan yang ditemukan pada siswa dalam pembelajaran bahasa inggris khususnya dalam berbicara. Peneliti menemukan bahwa beberapa orang murid kelas dua memiliki kemampuan yang lemah dalam berbicara, dibuktikan dengan mereka menemukan kesulitan dalam berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik Plus Minus Interesting; kemampuan berbicara siswa tidak diajarkan dengan teknik Plus Minus Interesting dan juga untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang siginifikan penggunakan teknik Plus Minus Interesting terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas dua SMAN 2 Pekanbaru. Pada penelitian ini, peneliti mengambil 2 kelas; kelas eksperimen dan kelas control dari tujuh kelas yang terdiri dari 46 siswa sebagai sampel dari jumlah populasi 180 siswa secara acak berdasarkan kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-eksperimental (nonrandomized control group pretest-posttest design). Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan oral tes. Ada dua macam tes: Pretest digunakan untuk menentukan kemampuan berbicara siswa sebelum mendapatkan perlakuan dan posttest digunakan untuk menentukan kemampuan menulis siswa setelah mendapatkan perlakuan. Dalam menganalisis data penulis menggunakan pengukuran nilai speaking. Nilai yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus T-test dalam SPSS. Berdasarkan hasil temuan penelitian, nilai t 0 lebih besar dari t tabel , sehingga bisa disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Bisa diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunakan teknik Plus Minus Interesting terhadap kemampuan berbicara siswa pada siswa kelas dua SMAN 2 Pekanbaru, dibuktikan dengan kemampuan berbicara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Teknik Plus Minus Interesting yang dikategorikan pada level baik, sedangkan kemampuan berbicara siswa yang tidak diajarkan dengan Teknik Plus Minus Interesting dikategorikan pada level yang kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2016 04:33
Last Modified: 22 Dec 2016 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

View Item View Item