THE EFFECT OF USING 4/3/2 TECHNIQUE TOWARD FLUENCY IN SPEAKING OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL DARUL HIKMAH PEKANBARU

Yunita Indriani, (2013) THE EFFECT OF USING 4/3/2 TECHNIQUE TOWARD FLUENCY IN SPEAKING OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013806PBI.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan KTSP, keterampilan berbicara adalah salah satu keterampilan dalam menguasai bahasa inggris yang harus di ajarkan dan dipelajari pada tingkat SMA/MA. MA Darul Hikmah Pekanbaru merupakan salah satu sekolah yang menggunakan kurikulum tersebut sebagai panduan dalam proses belajar mengajar. Didalam silabus kelas dua SMA/MA semester 1 tertera pada kompetensi dasar bahwa,siswa mengungkap-kan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal(bersosialisasi)resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas. Setelah melakukan study pendahuluan di MA Darul Hikmah Pekanbaru, beberapa siswa pada kelas dua masih memiliki kelemahan pada kelancaran dalam berbicara. Peneliti menginterpretasikan bahwa mereka mempunyai kelemahan tersebut di tunjukkan kurangnya percaya diri dalam mengexpresikan ide-ide mereka dalam bahasa inggris. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul pengaruh penggunaan teknik 4/3/2 terhadap kelancaran siswa dalam berbicara bahasa inggris kelas dua MA Darul Hikmah Pekanbaru. Focus utama dalam penelitian ini adalah untuk mencari perbedaan yang signifikan pada kelancaran siswa berbicara bahasa inggris kelas dua MA Darul Hikmah Pekanbaru antara siswa yang diajarkan dengan tenik 4/3/2 dan yang tidak diajarkan dengan menggunakan 4/3/2 teknikJenis penelitian ini adalah penelitian experimen kuasi dengan model Non Equivalent Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua MA Darul Hikmah. Pada penelitian ini, peneliti mengambil 2 kelas; kelas eksperimen dan kelas kontrol dari 5 kelas. Tes yang digunakan adalah oral presentasi. Dalam penganalisisan data, peneliti menggunakan rumus T-test. Berdasarkan hasil perhitungan, peneliti menemukan bahwa 2.01<8.54>2.68. Maksudnya bahwa t lebih besar dari t table pada perbedaan yang signifikan pada kelancaran dalam berbicara dengan menggunakan teknik 4/3/2. Maka dari itu Ha diterima dan Ho di tolak. Ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik 4/3/2 dapat meningkatkan fluency.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2016 02:19
Last Modified: 22 Dec 2016 02:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item