Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE CONTRIBUTION OF STUDENTS’ UNDERSTANDING OF SENTENCE PATTERN TOWARD THEIR READING COMPREHENSION OF RECOUNT TEXT AT THE FIRST YEAR OF STATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL 1 TELUK KUANTAN KUANTAN SINGINGI REGENCY

Sepri (2013) THE CONTRIBUTION OF STUDENTS’ UNDERSTANDING OF SENTENCE PATTERN TOWARD THEIR READING COMPREHENSION OF RECOUNT TEXT AT THE FIRST YEAR OF STATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL 1 TELUK KUANTAN KUANTAN SINGINGI REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013631PBI.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Untuk mengetahui seberapa baik seseorang dalam membaca, faktor terpenting yang perlu diperhatikan adalah pemahaman pembaca tersebut terhadap teks yang dibaca. Ada banyak strategi yang perlu dikuasai dan difahami oleh seorang pembaca untuk mendapatkan pemahaman yang baik dalam membaca sebuah bahan bacaan (teks). Umumnya sebuah teks bacaan apapun jenisnya akan tersusun dari beberapa kalimat di dalamnya. Memahami teks secara lengkap dengan memahami pola setiap kalimat yang terdapat dalam teks tersebut merupakan salah satu strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan atau memperbaiki pemahaman pembaca akan sebuah teks. Dengan kata lain, pemahaman tentang pola kalimat akan dapat mengembangkan keterampilan membaca. Pertanyaan umum yang harus dijawab oleh penelitian ini adalah : Apakah ada kontribusi yang signifikan dari pemahaman siswa tentang pola kalimat terhadap pemahaman membaca mereka tentang teks recount ? penelitian ini telah dilaksanakan di MAN 1 Teluk Kuantan untuk meyakinkan kontribusi pemahaman siswa tentang pola kalimat terhadap pemahaman membaca mereka tentang teks recount di kelas X pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Desain penelitian ini adalah Correlational research design yang pengolahan datanya menggunakan statistical regression. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Teluk Kuantan, dengan total sampel berjumlah 34 siswa dan objek penelitian ini adalah kontribusi pemahaman siswa tentang pola kalimat terhadap pemahaman membaca mereka tentang teks recount. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes kepada masing-masing siswa yang dipilih sebagai sampel secara acak. Hasil dari analisa data mengungkapkan bahwa adanya kontribusi dari pemahaman siswa tentang pola kalimat terhadap pemahaman membaca mereka tentang teks recount secara signifikan. Maka, berdasarkan temuan dari penelitian ini, disarankan kepada setiap guru bahasa Inggris untuk mengajarkan atau mengembangkan kemampuan memahami pola kalimat terhadap siswa untuk meningkatkan pemahaman membaca mereka khususnya dalam teks yang ber-genre recount.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:30
Last Modified: 20 Dec 2016 08:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10044

Actions (login required)

View Item View Item