Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING SQ6R (SURVEY, QUESTION, READ, RECORD, RECITE, REVIEW, REFLECT, RESHAPE) STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE FIRST YEAR STUDENTS AT SMA N 1 TEMPULING DISTRICT INHIL REGENCY

Nur’Aisyah (2013) THE EFFECT OF USING SQ6R (SURVEY, QUESTION, READ, RECORD, RECITE, REVIEW, REFLECT, RESHAPE) STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE FIRST YEAR STUDENTS AT SMA N 1 TEMPULING DISTRICT INHIL REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013577PBI.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan penulis, ditemukan bahwa, siswa belum mampu memahami sebuah bacaan dalam buku pelajaran di sekolah. Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, sebagian siswa sulit memahami tentang isi dari teks bacaan dan tidak bisa mengidentifikasi informasi dari teks bacaan. Maka dari itu penulis tertarik mengadakan penelitian tentang masalah tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mencari apakah ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman membaca siswa yang diajarkan dengan memakai strategi SQ6R dengan pemahaman membaca siswa yang diajarkan dengan memakai strategi biasa. Penulis menggunakan dua kelas sebagai sampel yang terdiri dari 30 orang siswa. Kelas pertama sebagai experimental dan kelas kedua sebagai control. Kelas experiment diajar dengan menggunakan strategi SQ6R dan kelas control diajar dengan menggunakan strategi biasa. Tehnik pengumpulan data adalah tes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang pemahaman membaca siswa. Tehnik analisa data menggunakan rumus T-test dalam rangka untuk mengetahui perbedaan nilai rata rata antara kelas experiment dan kelas control dengan menggunkan SPSS versi 16. Nilai yang diperoleh dibandingkan dengan T-table dengan mempertimbangkan degree of freedom(df). Berdasarkan analisa data, penulis mendapatkan bahwa ada efek yang signifikan antara pemahaman membaca siswa yang diajarkan dengan memakai SQ6R strategi dengan pemahaman membaca siswa yang diajarkan dengan memakai strategi biasa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada efek yang signifikan atas penggunaan strategi SQ6R terhadap pemahaman membaca siswa di kelas satu SMA N 1 Tempuling. Bahwa, penggunaan strategi SQ6R memberikan efek yang lebih baik terhadap pemahaman membaca siswa SMA N 1 Tempuling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 20 Dec 2016 07:53
Last Modified: 20 Dec 2016 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10037

Actions (login required)

View Item View Item