THE EFFECT OF USING SHARED READING STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 12 PEKANBARU

Yogi Sugara, (2013) THE EFFECT OF USING SHARED READING STRATEGY TOWARD READING COMPREHENSION OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013505PBI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi penulis, penulis menemukan bahwa pemahaman membaca siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru rendah karena guru masih menggunakan strategi konvensional dalam mengajar pemahaman membaca. Jadi, dalam penelitian ini penulis ingin memperkenalkan salah satu strategi dalam mengajar pemahaman membaca untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Strategi nya yaitu Shared Reading. Strategi ini adalah strategi membaca interaktif dimana siswa berbagi sebuah cerita dan membacanya bersama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat efek yang signifikan dari Shared Reading terhadap pemahaman membaca siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua SMA Negeri 12 Pekanbaru. Mereka terdiri dari lima kelas (200 siswa). Sebagai sampel penelitian, penulis mengambil XI 1 (40 siswa) sebagai kelas kontrol dan XI 2 (40 siswa) sebagai kelas eksperiemen. Cara dalam memilih sampel ini menggunakan teknik cluster sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, variabel x dan varibel y. Varibel x diajarkan menggunakan strategi Shared Reading, dan varibel y pemahaman membaca siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Instrumen penelitian ini adalah tes. Tes ini digunakan untuk mendapatkan data pemahaman membaca siswa. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan uji-t. Berdasarkan temuan penulis, skor pemahaman membaca siswa kelas dua SMA Negeri 12 Pekanbaru sebelum menggunakan strategi membaca bersama adalah 2620 dengan skor rata-rata adalah 65,5 dan dapat dikategorikan sedang. Sementara skor pemahaman membaca siswa setelah menggunakan strategi membaca bersama adalah 3250 dengan skor rata-rata adalah 81,25 dan dapat dikategorikan baik. Dari hasil ini, skor pemahaman membaca siswa meningkat sebesar 630 dengan skor rata-rata adalah 15,75. Akhirnya, berdasarkan analisis uji-t, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Dengan kata lain, ada pengaruh yang signifikan dari penggunan strategi Shared Reading terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua SMA Negeri 12 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 20 Dec 2016 03:21
Last Modified: 20 Dec 2016 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10033

Actions (login required)

View Item View Item