PENERAPAN SITEM LAYANAN PRIMA OLEH CUSTOMER SERVICE DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PEKANBARU DITINJAU DARI ASPEK EKONOMI ISLAM

Elvi Hidayati, (2013) PENERAPAN SITEM LAYANAN PRIMA OLEH CUSTOMER SERVICE DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PEKANBARU DITINJAU DARI ASPEK EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013378EI.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pekanbaru yang berlokasi di Jl. Sudirman Pekanbaru. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan sistem layanan prima oleh customer service di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pekanbaru serta bagaimana tinjauan aspek ekonomi Islam terhadap penerapan sistem layanan prima di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan sistem layanan prima oleh customer service di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang pekanbaru, untuk menjelaskan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pelayanan prima oleh customer service di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pekanbaru serta untuk menjelaskan bagaimana tinjauan aspek ekonomi Islam terhadap penerapan sistem layanan prima di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pekanbaru. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, penelitian kepustakaan. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif, sedangkan teknik penulisan yaitu secara deduktif, induktif, deskriptif. Populasidari penelitian ini adalah seluruh karyawan terkait dengan penelitian ini yang berjumlah 15 orang. Sampeldiambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, karena sampel yang berkaitan dengan penelitian cukup sedikit yaitu pada 4 orang karyawan yang bertugas pada bagian customer service umum. Hasil penelitian ini dapat dirumuskan bahwa penerapan system layanan prima telah dilaksanakan secara konsisten di Bank Syariah Mandiri Pekanbaru. Selain menerapkan budaya kerja “ETHIC” yang merupakan singkatan dari excellent, teamwork, humanity, integrity dan customer focus. Bank Syariah Mandiri juga telah memiliki dan menerapkan system operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat pelayanan prima oleh customer service di PT. Bank SyariahMandiri yaitu Pertama, kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian(attention), tindakan (action) dan tanggung jawab (accountability). Ditinjau dari aspek ekonomi Islam, masih diperlukan pemahaman, sosialisi dan latihan bagi para karyawan terkait dengan prinsip-prinsip pelayanan yang terdapat di dalam al-Quran maupun Hadis Nabi. Setidaknya ada enam prinsip pelayanan yang perlu dipedomani yaitu prinsip persamaan, persaudaraan, mencintai, tolong menolong, lemah lembut dan mempermudah urusan. Penerapan prinsip-prinsip ini merupakan suatu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Dec 2016 13:56
Last Modified: 19 Dec 2016 13:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10023

Actions (login required)

View Item View Item