Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUKUMAN TA’ZIR DALAM PEMIKIRAN UMAR BIN KHATTAB

M.Nazar (2011) HUKUMAN TA’ZIR DALAM PEMIKIRAN UMAR BIN KHATTAB. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201161.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Sistem adalah sebuah elemen yang saling berkaitan dengan proses dan struktur secara teratur, dan merupakan kesatuan organisasi yang berfungsi untuk mewujudkan hasil yang dapat diamati (dapat dikenal wujudnya) sedangkan tujuan tercapai. Sedangakan menurut Sanafiah Faisal “istilah sistem menuju kepada totalitas yang bertujuan dan tersusun dari rangkaian unsur dan komponen”. Berangkat dari batasan di atas, sistem pendidikan dapat dibagi menjadi empat unsur utama, yaitu: Kegiatan pendidikan, binaan pendidikan, tempat pendidikan, dan komponen pendidikan. Sistem pendidikan Islam adalah merupakan suatu sistem pendidikan yang memiliki ideologi al-Tauhid yang bersumber dari Al-Quran dan Sunnah. Nilai-nilai yang berlaku di dalamnya adalah nilai-nilai yang bersumber dari al-Quran dan Sunnah. Sedangkan orientasinya, adalah berorientasi kepada dunia dan ukhrawi. Batasan masalah dan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pendidikan remaja dalam pandangan. Dalam memberikan gambaran pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisa data dengan konten analisis metode atau metode analisis atau kajian isi. Dalam penerapannya digunakan teknik silogisme untuk merumuskan sebuah konklusi yang bersifat replikatif dengan karya yang dihasilkan. Pendidikan yang harus diberikan kepada remaja adalah pendidikan ketauhidan, keyakinan atau keimanan kepada Allah SWT yang dalam istilah lain disebut juga dengan akidah. Pendidikan akidah ini adalah pendidikan yang mendasar dan harus mendapatkan perhatian lebih dari para pendidik. Kemudian diikuti oleh pendidikan yang berkenaan dengan masalah ibadah, akhlak, dan syariah, selanjutnya adalah pendidikan yang berkaitan dengan pengembangan potensi dan keintelektualan para remaja itu sendiri Pendidikan terhadap para remaja hendaklah dilakukan dengan memberikan keteladanan, memberikan nasehat dan harus selalu memberikan perhatian dan pengawasan serta mebawa mereka berpartisipasi, berdialog dan berdiskusi dengan penuh rasa persaudaraan, kasih sayang, persamaan, kebebasan dan keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:16
Last Modified: 15 Jan 2016 02:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1002

Actions (login required)

View Item View Item