PELAKSANAAN PENJUALAN KONSINYASI DALAM MENGEMBANGKAN USAHA PADA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) PANGAN KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Elabe Pinti, (2013) PELAKSANAAN PENJUALAN KONSINYASI DALAM MENGEMBANGKAN USAHA PADA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) PANGAN KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013348EI.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Penjualan Konsinyasi dalam Mengembangkan Usaha pada Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pangan Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam”. Penelitian ini dilakukan di sekitar wilayah Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada Industri Kecil dan Menengah (IKM), khususnya pada IKM Pangan Kota Pekanbaru. Karakteristik IKM yang minim dalam kepemilikan modal menjadi salah satu hambatan bagi IKM untuk menjalankan usahanya secara maksimal, terutama dalam memasarkan produk. Hal yang sama juga terjadi pada IKM Pangan Kota Pekanbaru. Oleh karena itu, sebagian dari pengusaha IKM Pangan Kota Pekanbaru memilih untuk menerapkan penjualan konsinyasi dalam memasarkan produknya. Penjualan konsinyasi memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan sistem pemasaran lainnya, yaitu dapat memperluas wilayah pemasaran produk dengan biaya yang kecil. Pada dasarnya, ketersediaan wilayah pemasaran yang luas dapat mendorong perkembangan usaha, karena dapat meningkatkan penjualan, produksi, jumlah pelanggan, pendapatan, serta laba yang diperoleh. Dengan demikian, melalui penjualan konsinyasi, pengusaha IKM Pangan Kota Pekanbaru berharap dapat mengembangkan usaha meskipun memiliki modal yang minim. Namun, ternyata dalam pelaksanaan penjualan konsinyasi ini, pengusaha IKM Pangan Kota Pekanbaru menemui beberapa masalah yang kemudian mempengaruhi kemampuan pengusaha untuk mengembangkan usahanya secara maksimal. Berdasarkan fenomena di atas, maka penulis merumuskan 3 (tiga) permasalahan dalam penelitian ini, antara lain: bagaimana pelaksanaan penjualan konsinyasi dalam mengembangkan usaha pada IKM Pangan Kota Pekanbaru, apakah faktor- faktor yang menghambat penjualan konsinyasi dalam mengembangkan usaha pada IKM Pangan Kota Pekanbaru, serta bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap pelaksanaan penjualan konsinyasi dalam mengembangkan usaha pada IKM Pangan Kota Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah pengusaha IKM Pangan Kota Pekanbaru yang menerapkan sistem penjualan konsinyasi. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penjualan konsinyasi pada IKM Pangan Kota Pekanbaru. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha IKM Pangan Kota Pekanbaru yang menerapkan sistem penjualan konsinyasi sebanyak 48 orang. Penulis menggunakan metode total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 48 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis dengan metode analisa kualitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Dec 2016 13:45
Last Modified: 19 Dec 2016 13:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10016

Actions (login required)

View Item View Item