SISTEM PELAYANAN JASA SERVIS MOTOR DI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Nurul Aini, (2013) SISTEM PELAYANAN JASA SERVIS MOTOR DI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013345EI.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Sistem pelayanan Jasa Servis Motor Di Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Ditinjau Menurut Ekonomi Islam.Penelitian ini dilaksanakan di Bengkel Motor Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, yang terletak di jalan Garuda Sakti km 21 Kecamtan Tapung Kabupaten Kampar. Tujuan penelitaian ini adalah bagaimana pelayanan jasa servis Motor di Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, apa faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Pelayanan Jasa Servis Motor,bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap sistem Pelayanan Jasa Servis Motor di Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah Pimpinan, karyawan, bengkel dan personalnya. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah Manajemen sistem Pelayanan Jasa Servis Motor Ditinjau menurut Ekonomi Islam. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah Pimpinan, karyawan ( mekanik ), pelanggan Bengkel Motor Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Dengan jumlah pemilik bengkel 75 orang dan karyawan 93 orang ditambah pelanggan tetap 337 orang jadi jumlah populasinya sebanyak 505, karena populasi banyak maka penulis mengambil sampel sebanyak 20% dari 505 yaitu 101 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis dengan metode analisa deskriptif kualitatif yaitu setelah semua data yang telah berhasil penulis kumpulkan, maka penulis menjelaskannya secara rinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara utuh dan dapat dipahami secara jelas kesimpulan akhirnya. Hasil penelitian ini yaitu bahwa Bengkel Motor Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar secara umum telah memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya, diantaranya jujur, sopan dan ramah, adil, mutu barang, harga jasa standar. Namun masih ada beberapa indikator yang belum bisa memuaskan pelanggan diantaranya, kebersihan Bengkel yang masih kurang, fasilitas Bengkel yang belum lengkap, ketersediaan barang yang masih kurang. Faktor pendukung ii sistem pelayanan jasa servis bengkel Motor Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar diantaranya, keramahan karyawan terhadap pelanggan, pengawasan langsung oleh pimpinan, harga jasa yang diberikan kompetitif, disiplin dalam pekerjaannya. Faktor penghambat sistem pelayanan jasa servis bengkel Motor diKecamatan Tapung Kabupaten Kampar, diantaranya, sumber daya manusia yang masih kurang ahli dibidangnya, pengawasan yang lemah terhadap karyawan yang kurang disiplin, modal yang masih terbatas ( kurang ).Dalam pandangan Islam memberikan pelayanan dengan adanya kejujuran, kenyamanan, kebersihan, kesopanan dan keramahan, keadilan, adalah suatu kewajiban dan harus dilaksanakan sesuai dengan syara’. Dalam penelitian ini Bengkel telah melaksanakan sebaik mungkin, namun belum sepenuhnya sesuai dengan syara’, contohnya pihak Bengkel Motor Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar masih sangat kurang memperhatikan kebersihan Bengkel Motor Di Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Dec 2016 13:43
Last Modified: 19 Dec 2016 13:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10014

Actions (login required)

View Item View Item